June 2, 2021 By 1c-nalog.info 0

4 Kegiatan Yang Bisa Bikin Boros Bahan Bakar Mobil

Siapa yang tidak suka jika mobil pribadinya bisa hemat penggunaan bahan bakar? Banyak masyarakat utamanya masyarakat perkotaan beralih dari mobilnya untuk menggunakan jenis kendaraan hemat bahan bakar. Kondisi perkotaan yang macet parah dan juga jalanan perkotaan yang dibuat panjang lintasannya, membuat mengendarai kendaraan agaknya memakan banyak bahan bakar. Bahkan bila masyarakat dengan mobilitas tinggi menggunakan kendaraan pribadi maka bisa dipastikan dananya dialokasikan lebih banyak ke akomodasi.

Banyak produsen kendaraan yang akhirnya mulai mencari mesin alternative yang mutakhir untuk bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Bukan hanya mampu menyelamatkan kantong namun juga bisa menurunkan konsumsi bahan bakar dalam lingkungan sendiri. Sehingga banyak produsen otomotif yang akhirnya meluncurkan produk mereka dan memiliki klaim ramah bahan bakar. Namun, tahukah kamu jika konsumsi bahan bakar yang boros sendiri bisa disebabkan oleh kurangnya perawatan suku cadang?

Bahan bakar yang boros bisa dikarenakan beberapa hal. Bukan hanya karena penggunaan kendaraan dengan mesin yang boros bahan bakar saja, melainkan juga karena penggunaan dan perawatan kendaraan yang dilakukan oleh pengguna kendaraan tersebut. Apa saja sih penyebab kendaraan boros bahan bakar?

·         Tidak melakukan service berkala

Salah satu penyebab kendaraan boros bahan bakar adalah karena tidak dilakukan service Toyota berkala. Kendaraan yang jarang mendapatkan perawatan yakni service Toyota tentunya akan mudah bermasalah. Hal ini dikarenakan beberapa part mesin kendaraan membutuhkan tune up ataupun pergantian secara berkala. Misalnya saja oli mesin, rem dan juga beragam jenis oli dalam kendaraan yang membutuhkan pergantian berkala. Bila beberapa oli dalam mesin tersebut tidak dilakukan penggantian dan mendapatkan service Toyota maka bensin akan boros.

Bensin yang boros karena mesin yang tidak pernah mendapatkan baik kak. mohon tunggu dikarenakan bensin menggantikan posisi oli mesin. Hal ini menyebabkan konsumsi bensin menjadi banyak. Sebab itu, penting melakukan service Toyota seperti dalam buku panduan yakni tiap 10.000 Km sekali setelah 1.000 Km pertama.

·         Cara mengemudi yang kurang tepat

Tahukah kamu cara kamu mengemudikan kendaraan bisa menyebabkan kendaraan kamu boros bensin? Cara mengemudi yang kasar dan suka main rem dan gas bisa menyebabkan konsumsi bensin kendaraan meningkat. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi cepat habis. Ada baiknya mengemudikan kendaraan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan medan jalanan. Biasakan untuk mengemudi dengan lambat dan sesuai dengan arahan.

·         Bahan bakar kendaraan yang tidak sesuai

Tidak semua mesin kendaraan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang sama. Ada baiknya dalam menggunakan kendaraan, anda tahu terlebih dahulu tipe mesin kendaraan yang digunakan. Apakah mobil pribadi anda menggunakan mesin tipe bensin atau diesel. Sebab kedua jenis mesin ini berbeda satu dengan lainnya tipe bahan bakar yang digunakan. Sehingga anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

Bila anda membiasakan mesin kendaraan anda mengonsumsi bahan bakar yang tidak sesuai, maka dikhawatirkan mesin mobil anda akan mudah mengalami masalah. Ada baiknya bila kendaraan anda tidak dapat digunakan, anda bisa menggunakan layanan Toyota Home Servis dalam membantu anda untuk bisa bergerak bersama kendaraan anda. Layanan Toyota Home Service sendiri merupakan layanan service yang difasilitasi Toyota dan bisa melakukan service dirumah saja dengan mengirim personil yang ahli dibidangnya.

·         Filter udara bermasalah

Selama menggunakan kendaraan, filter udara sendiri dibutuhkan untuk memaksimalkan pembakaran dalam kendaraan untuk menghasilkan energi penggerak pada kendaraan. Bila mobil anda boros konsumsi kendaraan maka bisa dimungkinkan bila filter udara dalam kendaraan bermasalah. Bagian filter udara sendiri berguna untuk menyaring udara yang masuk agar tidak ada debu yang ikut. Tentunya bila kalian tidak rutin ke bengkel Toyota untuk tune up, maka kondisi filter udara kotor yang menyebabkan udara sukar masuk.

Tidak adanya udara dalam kegiatan pembakaran, menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi tinggi. Sama seperti oli yang tidak diganti dalam jangka waktu yang lama, filter udara yang tidak dibersihkan akan menyebabkan berbagai permasalahan teknis pada kendaraan. Sehingga penting memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Bila merasa keberatan atas biaya service berkala, Toyota sering memberikan promo service kendaraan berkala yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat budget.